Unordered List

Sabtu, 04 Juni 2011

Takwil Mimpi Catur

DUA HARI RAYA

Bermimpi melihat kejadian hari raya mengandung takwil bahwa dia keluar dari kesusahan dan kesedihan dan juga menunjukkan pengertian tentang kelapangan dalam penghidupannya.

TEMPAT HIBURAN

Untuk menghibur hati yang berduka cita, boleh mengandung pengertian tentang kerja kawin, dan bermimpi kawin sebagai takwilnya ialah : tentang tempat hiburan.

ALAT HIBURAN

Sebagai takwilnya ialah kesusahan, sedangkan takwil mimpi tentang kesusahan mengandung makna tentang alat peramaian.

PASUNG/BELENGGU

Mengandung takwil yang berbeda-beda. Hanya pada prinsipnya mempunyai pengertian takwil tentang suatu ketetapan. Karenanya barang siapa yang bermimpi sesungguhnya dia dibelenggu (dipasung, diikat) sedangkan dalam mimpinya ada mimpi lain yang menunjukkan takwil tentang sesuatu yang baik, seperti : dibelenggu (dipasung, diikat) di masjid, atau ketika melakukan sholat, atau dalam bertugas menegakkan agama Alloh, maka kesemuanya itu memberikan takwil tentang ketetapan dalam agamanya, dan pencegah dari kemaksiatan.

Barang siapa yang bermimpi bahwasanya dia terbelenggu dalam negerinya, atau pada tempatnya, maka sesungguhnya dia akan kawin. Dan apabila dia bermimpi terbelenggu karena sesuatu persoalan maka, sesungguhnya hal itu menunjukkan takwil tentang ketetapan sesuatu urusan yang sesuai dengannya.

Bermimpi bahwa kakinya terbelenggu, atau diikat pada jaringan, atau perangkap, atau perigi, atau lubang, maka sebagai takwilnya ialah : dia seorang yang sedang melakukan sesuatu urusan yang tidak disukai di dalam hatinya, sedangkan dia sendiri juga berdaya upaya untuk melepaskannya.

Pelana dan kerangkanya apabila diletakkan di atas punggung kendaraan, mempunyai pengertian takwil tentang wanita.

CATUR


Sebagai takwilnya ialah : seluruh urusan yang batal, dusta, dan dusta buatan. Dan kadang-kadang juga mengandung takwil tentang ucapan dan pertengkaran. Nard yang menurut orang Jawa disebut dhakon yaitu permainan yang diciptakan oleh salah seorang raja persi (Iran) juga mengandung takwil tentang pertengkaran.

Syeikh Muhammad bin Sirin mengatakan, bahwa permainan itu mengandung takwil tentang berita yang lemah.

DADU

Mengandung takwil tentang kegemparan dan pertengkaran. Sedemikian itu pula takwilnya, apabila bermimpi tentang permainan qushush (balas-membalas) dan permainan Juuz (buah pala).

TEMPAT TINTA

Mengandung takwil tentang wanita. Karenanya barang siapa yang bermimpi, bahwa tempat tintanya pecah atau tercuri, maka sebagai takwilnya mengandung pengertian bahwa isterinya mati.

PENA, beserta Al-Qur'an

Mengandung takwil tentang ilmu dan hikmah dan jikalau beserta dengan tempat tinta, maka takwilnya ialah : anak.

0 komentar: